Antara Mollucas dan Al-Mulk

12:34 AM

Menginjakan kaki ke tanah yang dahulunya dikenal dengan sebutan Mollucas ini tidak mudah. Butuh perjuangan selama 8 bulan untuk ke tanah ini. Bicara mengenai Mollucas alias Maluku, sebenarnya asal kata Maluku ini adalah Al-Mulk yang artinya Tanah Para Raja. Jadi sebelum para penjajah non-Muslim masuk ke Maluku, orang-orang keturunan Arab sudah terlebih dahulu ke Maluku. Ketika para penjajah dating, mereka tidak bisa mengucapkan kata Al-Mulk dengan baik sehingga jadilah Mollucas. Informasi ini saya dapatkan dari cerita teman-teman Pencinta Alam di Maluku.

Di sini saya tidak berbicara mengenai sejarah Maluku. Saya ingin berbagi hal yang saya lihat dengan mata kepala sendiri di provinsi memiliki 1340 pulau ini.




Kali ini saya memiliki kesempatan berkegiatan di Maluku bersama-sama Tim Ekspedisi Gua dan Karst Nusantara  yang tentunya dari IMPALA UB. Pulau yang kami singgahi hanya dua, Pulau Ambon dan Pulau Seram. Pulau Seram sendiri adalah pulau terbesar di Maluku. Pulau Seram juga dikenal dengan Nusa Ina yang artinya Pulau Ibu. Maksud dari Pulau Ibu sendiri, semua orang yang ada di Maluku berasal dari Pulau Seram. Karena dulunya, semua pulau-pulau yang ada di Maluku adalah satu daratan, lalu terpisah menjadi pulau-pulau. Ibarat kata, pulau-pulau ini bepisah dengan pulau induknya, Pulau Seram.

Pengalaman saya dan teman-teman di Pulau Ambon dan Pulau Seram akan saya bagi di subject berikutnya. Sampai Jumpa di subject setelah ini :D.

You Might Also Like

0 komentar