USER PUNYA TUBAN

11:16 AM

Dari tanggal 3-9 Mei kemarin, aku dan teman-teman tim Ekspedisi Nusantara main lagi ke kabupaten yang berbeda, TUBAN! Di sini aku Cuma mau cerita gimana di dalam guanya. Kebetulan gua yang kita masuki adalah Gua User 1 dan Gua User 2. Ada alokasi waktu 3 hari untuk masuk ke gua.

Dan hari pertama aku gak keploting masuk gua, jadi aku dan tim lainnya survey di permukaan. Ternyata hari kedua aku diplotting untuk tim eksplor gua, tapi ternyata jaga entrance sodara-sodara. Jaga entrance adalah hal paling berat kalau semisalnya terjadi ha-hal yang tidak diinginkan. Berjam-jam menunggu di entrance bersama Pungkas Nurrohman (Pungkas). Dia asik banget dengerin frekuensi-frekuensi lainnya dari HT. coba aja aku ngerti bahasa Jawa pasti juga aku udah ketawa-ketawa kayak dia. Nggak lama mulai mendung. Gelap banget. Kontrak waktu sama tim eksplor juga masih lama. tapi nggak tau kenapa ya, aku yakin banget nggak bakal ujan. Tapi ini menyangkut safety, jadi aku dengan semangat 45 masuk ke dalam gua buat menginfokan kalau di luar sudah mendung.

Yihaa, aku masuk Gua User 1. Di sini kali pertamanya aku ngerasaiin SRT-an diiringi air terjun (kecil). Gua User ini ternyata multipitch. Tim eksplor membuat rigging dengan menambatkan di natural anchor.
Dan ketika semua tim keluar, ternyata memang tidak hujan dan terbilang cerah. Hari ke-3. Alhamdulillah, aku diplotting untuk masuk gua sekarang. Gua User 2 dengan vertical 28 meter. Di gua ini masih banyak terdapat fauna terutama kelelawar dan jangkrik. Pembentukan karstifikasinya juga masih terihat. Oiya, kenapa namanya User? Kata Pak Basino soalnya mulut gua ini tempat bermuaranya air, jadi memberntuk pusaran. memang sih, sebelum masuk gua ini kita melihat ada sungai. nah sungai ini bermuaranya di gua user 1.
di Tuban juga kita bermalam di MAHIPAL UNIROW, rumah Pak Basino, dan di rumah bapak yag baik (nanti saya kasih tau namanya). Matursuwun buat temen-temen MAHIPAL dan Pak Basino :)

You Might Also Like

0 komentar